Home » Berita Terbaru » Senam Pagi Bersama, Wujudkan Madrasah Sehat dan Berprestasi
Senam Pagi Bersama, Wujudkan Madrasah Sehat dan Berprestasi

Senam Pagi Bersama, Wujudkan Madrasah Sehat dan Berprestasi

Kota Malang (MTsN 1) – Pada masa pandemi Covid-19 dan kegiatan pembelajaran harus dilakukan dari rumah, membuat hampir semua siswa menjadi kurang berolahraga.

Jika kondisi normal dan PBM dilakukan di madrasah, pasti para siswa memiliki banyak kesempatan untuk berolahraga. Mulai dari mengikuti pelajaran penjaskes tiap pekan, mengikuti ekskul, atau sekadar bermain futsal, bulu tangkis, maupun tenis meja dengan temannya.

Namun, saat ini semua itu tidak bisa dilakukan di madrasah. Pembelajaran olahraga atau ekstrakurikuler pun harus dilakukan secara daring.

Dalam upaya mengantisipasi hal itulah, MTsN 1 Kota Malang mengadakan kegiatan senam bersama antarguru dan siswa. Uniknya kegiatan senam bersama ini dilakukan secara virtual.

Kegiatan ini dilaksanakan tiap Sabtu, yaitu pihak madrasah membagikan rekaman video senam dan wali kelas bersama siswa bisa mengikuti gerakan-gerakan senam itu melalui aplikasi Zoom Meetings.

Bukan hanya siswa dan wali kelasnya. Guru-guru yang bukan wali kelas juga bisa mengikuti kegiatan ini bersama dengan pegawai melalui Zoom Meeting yang telah disiapkan oleh madrasah.

Video senam itu berisi gerakan-gerakan mulai dari pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan yang diperagakan oleh lima guru olahraga MTsN 1 Kota Malang.

Koordinator guru olahraga MTsN 1 Kota Malang, Ahmad Maksum, saat dihubungi pada Sabtu (24/10/2020), menyatakan, kegiatan ini adalah inisiatif dari madrasah agar kegiatan di hari sabtu itu bisa efektif sebagai sarana pembelajaran mandiri rekreatif bagi siswa.

“Kegiatan senam bersama ini adalah tindak lanjut dari kebijakan madrasah bahwa Sabtu adalah kegiatan pembelajaran rekreatif mandiri bagi siswa. Memfasilitasi kegiatan itulah diadakan senam bersama secara virtual ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Maksum menambahkan bahwa dengan adanya senam pagi bersama ini bisa menjadi sarana olahraga bagi guru, pegawai, dan siswa MTsN 1 Kota Malang.

“Semoga dengan rajin berolahraga kita bisa menjaga kebugaran tubuh dan tetap sehat di masa pandemi ini. Dengan tubuh yang sehat tentunya akan mendukung warga madrasah untuk meraih prestasi sesuai dengan bidangnya masing-masing,” pungkas guru yang juga menjabat sebagai koordinator ekstrakurikuler tersebut.

Usai senam pagi bersama kegiatan siswa yang telah diprogramkan oleh madrasah adalah menonton film edukasi dan pengembangan minat dan bakat. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*