Home » Profil Madrasah » Prestasi Sekolah

Prestasi Sekolah

MTsN Malang I Raih Medali Emas Dalam ISPO 2016

MTsN Malang I kembali mengukir prestasi nasional setelah berhasil meraih medali emas dalam Bidang Teknologi pada Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2016 yang digelar di Semarang pada 20 – 21 Februari 2016. Penelitian yang menghasilkan alat pembasmi bakteri sapi perah ini dikreasi oleh Amelia Putri Wulandari  dan Nalita Livia Chandradevi.  Alat ini menjadi solusi terbaik bagi peternakan sapi dan produksi susu.  Prof. Riri Fitri Sari dari Universitas Indonesia yang menjadi juri panitia ISPO merekomendasikan dan bersedia mendampingi dua siswi MTsN Malang I itu untuk mengikuti lomba selanjutnya di Thailand.

Dalam ISPO tersebut, terdapat 500 laporan penelitian yang dipamerkan dan dilombakan.  Dari jumlah itu, diambil 82 laporan untuk masing-masing 6 bidang. Laporan penelitian siswi MTsN Malang I masuk dalam bidang Teknologi. Dari 82 Laporan tersebut disaringlah menjadi 15 Finalis. Dan satu-satunya finalis dari tingkat Sekolah Menengah Pertama adalah MTsN Malang I. Peserta lainnya adalah tingkat SMA. Atas inovasi tersebut, kedua siswi MTsN 1 Malang mendapatkan medali emas, piagam dan uang penghargaan sebesar 2 juta rupiah.

Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh Pacific Countries Social And Economic Solidarity Association (PASIAD), sebuah lembaga sosial dan pendidikan dari Turki. Kegiatan ISPO didukung oleh Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan sejumlah perguruan tinggi ternama, yaitu: Universitas Indonesia (UI), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Negeri Semarang (UNES), dan Universitas Syiah Kuala. Tujuan dari ISPO adalah merangsang bakat-bakat muda untuk berpikir, melakukan pengamatan, mengembangkan dan menyelami rasa keingintahuannya yang mengarah pada suatu solusti praktis.