" /> Khataman dan Imtihan Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi di MTsN 1 Kota Malang | Official Site Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Malang
Home » Berita Terbaru » Khataman dan Imtihan Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi di MTsN 1 Kota Malang
Khataman dan Imtihan Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi di MTsN 1 Kota Malang

Khataman dan Imtihan Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi di MTsN 1 Kota Malang

Kota Malang (MTsN 1) – Bekerja sama dengan Ummi Fondation, MTsN 1 Kota Malang mengadakan Khataman dan Imtihan Pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi pada Sabtu (7/3). Kegiatan ini diikuti oleh 153 peserta yang terdiri atas kelas 8 dan 9.

Sedangkan syarat bagi peserta untuk mengikuti khataman dan imtihan adalah mereka telah menamatkan materi, teruji melalui tryout, dan lulus mengikuti munaqosyah. Selain dihadiri oleh wali peserta, acara yang telah memasuki tahun kedua dilaksanakan di MTsN 1 Kota Malang ini juga dihadiri oleh pejabat dari Kementerian Agama.

Mereka yang hadir adalah Akhmad Sruji Bahtiar (Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur), Muhtar Hazawawi (Kepala Kantor Kemenag Kota Malang), Sutrisno (Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Malang), dan Chusnul Chotimah (Ketua Kelompok Kerja Pengawas Madrasah Kemenag Kota Malang).

3. Khataman dan Imtihan Pembelajaran Al 02Kegiatan yang disaksikan oleh seluruh keluarga besar Matsanewa ini diawali dengan khataman dan dilanjutkan uji publik kemampuan peserta dalam membaca Al-Qur’an. Dalam uji publik, para wali peserta maupun pejabat Kemenag berkesempatan menguji peserta baik dari sisi tartil, tajwid, gharib, dan tahfiz.

Kegiatan uji publik berlangsung dengan lancar dan ini membuktikan bahwa para peserta memang sudah menguasai materi dengan baik.

Usai uji publik, panitia dari Ummi Fondation menyerahkan sertifikat kepada peserta serta memberikan penghargaan bagi beberapa peserta terbaik.

“Khataman dan imtihan yang dilaksanakan oleh MTsN 1 Kota Malang tahun ini adalah pelaksanaan yang kedua. Tahun lalu sudah terlaksana dengan baik dan alhamdulillah tahun ini juga berlangsung dengan lancar. Kegiatan ini merupakan akhir dari kegiatan pembelajaran tartil dan tahfiz Al-Qur’an metode Ummi,” jelas M. Abdul Chafidz, Ketua Unit Keagamaan MTsN 1 Kota Malang.

Lebih lanjut, guru pengajar Al-Qur’an Hadis itu menuturkan bahwa ia berharap para peserta khataman dan imtihan bisa mempertahankan prestasinya. Hal ini karena para peserta adalah siswa pilihan yang mempunyai kelebihan di bidang membaca Al-Qur’an, baik dari segi tartil dan tahfiz. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>