Home » Berita Terbaru » Jimbe Matsanewa Semarakkan Pembukaan KSM Jawa Timur
Jimbe Matsanewa Semarakkan Pembukaan KSM Jawa Timur

Jimbe Matsanewa Semarakkan Pembukaan KSM Jawa Timur

Kota Malang (MTsN 1) – Jimbe Matsanewa tampil sebagai salah satu pengisi acara dalam Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Timur, Rabu (14/8).

Gelaran KSM Jawa Timur 2019 bertempat di Kota Malang dan Pembukaan dilaksanakan di Gedung Bundar Al-Asy’ari Universitas Islam Malang.

Beranggotakan 17 siswa, Jimbe Matsanewa tampil dengan kekhasannya, yaitu topeng Malang dan alat musik jimbe. Dengan kompak mereka memainkan alat musik ritmis itu yang tentu saja disambut sorak sorai oleh penonton.

Jimbe adalah alat musik tradisional yang berasal dari Afrika. Alat musik ini mempunyai membran pukul dari kulit maupun mika. Jimbe tergolong jenis alat musik ritmis, yakni alat musik yang tidak bernada dan hanya bisa menghasilkan ketukan.

Bukan kali ini saja Jimbe Matsanewa tampil di event besar. Setelah terbentuk dan tampil pertama di KSM dan Aksioma 2011 di Jakarta, selanjutnya Jimbe Matsanewa tampil rutin mengisi acara di event lokal, regional, bahkan sampai di tingkat nasional.

Pembukaan KSM Jawa Timurdihadiri oleh 5.000 undangan yang terdiri atas Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Malang Raya, Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Kasi Pendidikan Madrasah se-Jawa Timur, Kepala MIN, MTsN, dan MAN se-Jawa Timur, dan ribuan siswa MIN, MTsN, dan MAN di Kota Malang.

Sedang peserta KSM Jawa Timur 2019 berjumlah 1.254 siswa dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Peserta tersebut terdiri atas 6 siswa MI, 9 peserta MTs, dan 18 peserta MA tiap kota/kabupaten se-Jawa Timur. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>