Home » Berita Terbaru » Penyembelihan Hewan Kurban di MTsN 1 Kota Malang
Penyembelihan Hewan Kurban di MTsN 1 Kota Malang

Penyembelihan Hewan Kurban di MTsN 1 Kota Malang

Kota Malang (MTsN 1) – Momentum Iduladha yang jatuh setiap tanggal 10 Zulhijah dimaknai oleh umat muslim di seluruh dunia dengan kegiatan penyembelihan hewan kurban bersamaan dengan selesainya ibadah wukuf di Padang Arafah.

Sehari setelah pelaksanaan salat Iduladha, MTsN 1 Kota Malang juga melakukan penyembelihan hewan kurban, Senin (12/8). Ada dua ekor sapiyang akan disembelih pada hari itu. Salah satu sapi yang disembelih adalah jenis limousin yang beratnya mencapai 1,2 ton.

Dalam kegiatan ini,para siswa juga diajak untuk melihat proses penyembelihan serta memahami bagaimana cara menyembelih hewan kurban sesuai syariat Islam.

Sebelum proses penyembelihan, Kepala MTsN 1 Kota Malang, Samsudin menyampaikan sambutan bahwa kegiatan penyembelihan hewan kurban ini adalah bagian dari rangkaian peringatan hari raya Iduladha. Yang sebelumnya telah dilakukan kegiatan manasik haji, kemudian juga akan dilaksanakan kegiatan bakti sosial pada Selasa(13/8).

“Hari ini kita akan laksanakan penyembelihan hewan kurban. Penyembelihan hewan kurban yang kita laksanakan bukan hanya menyembelih hewan kurban, tapi kita juga akan mendapatkan informasi bagaimana cara menyembelih hewan kurban yang benar dan sah secara syari. Itu semua merupakan pembelajaran bagi anak-anakku semua,” jelas Samsudin.

Usai sambutan dari Kepala Madrasah, proses penyembelihan hewan kurban langsung dilakukan oleh Mujiono(Guru Fikih MTsN 1 Kota Malang) dengan dibantu beberapa orang guru lainnya. Tampak siswa menyaksikan dengan serius penyembelihan sapi yang beratnya mencapai lebih dari satu ton itu.

Faruq Baharudin, Ketua Panitia Kegiatan Iduladha, menyampaikan bahwa ada dua ekor sapi yang akan disembelih dan 22 ekor kambing yang nantinya akan didistribusikan pada pihak-pihak yang dianggap berhak menerimanya.

“Hari ini ada dua ekor sapi yang disembelih. Sedangkan 22 ekor kambing tidak disembelih, tapi langsung didistribusikan ke berbagai sekolah atau lembaga lain yang membutuhkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Faruq juga menyampaikan bahwa kambing juga akan didistribusikan pada warga kampung sekitar MTsN 1 Kota Malang. (Zul)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>