Home » Artikel » Manasik Haji dan Upaya Memotivasi Siswa Berhaji Sejak Dini
Manasik Haji dan Upaya Memotivasi Siswa Berhaji Sejak Dini

Manasik Haji dan Upaya Memotivasi Siswa Berhaji Sejak Dini

Kota Malang (MTsN 1) – MTsN 1 Kota Malang adakan kegiatan manasik haji bagi seluruh siswa pada Rabu (7/8). Lautan putih pun seolah menutup area madrasah yang terletak di Jalan Bandung Nomor 7 tersebut.

Hal ini karena siswa, guru, pegawai, dan mahasiswa KPL (Kajian dan Praktik Lapangan) dari UM (Universitas Negeri Malang) dan UIN Maliki Malang, semuanya memakai busana serba putih yang jumlah mereka lebih dari 1.000 orang.

Miniatur Kakbah juga sudah disiapkan di lapangan basket sebagai pusat dari kegiatan manasik haji. Acara dimulai pada pukul 10.40 dan berakhir sekira pukul 14.30 WIB.

Rangkaian manasik haji diawali dengan simulasi wuquf di Arafah, berhenti di Muzdalifah, lontar jumrah, mabit di Mina (jumrah ula, wustho, dan aqobah), dan diakhiri dengan tawaf, sai, serta tahalul.

Para siswa tampak dengan riang gembira dan antusias mengikuti tahapan demi tahapan kegiatan manasik haji dan lantunan talbiyahpun bergema diucapkan oleh seluruh peserta manasik.

“Dengan kegiatan manasik haji ini kami berharap bisa membekali siswa sejak dini agar mengenal salah satu dari rukun Islam. Jika mereka memahami sejak dini, ke depan proses penyempurnaan rukun kelima itu akan mudah,” ungkap Amin Tohari, Ketua Panitia Manasik Haji.

Lebih lanjut, Amin menyampaikan bahwa ibadah haji juga merupakan ibadah fisik sehingga ia mengharapkan jika siswa bisa menunaikan ibadah haji sejak usia muda saat fisiknya masih prima.

“Dalam kegiatan manasik ada pembekalan teori dan praktik. Secara teori ada lembar panduan manasik haji yang dibagikan sebelum pelaksanaan kegiatan agar dipelajari dan dipahami (siswa). Saat pelaksanaan pun (siswa) akan dipandu,” imbuh Amin.

Salah peserta manasik haji, M. Rizqi Ar Rasyid mengungkapkan bahwa kegiatan manasik haji yang ia ikuti sangat bermanfaat dan menyenangkan.

“Insyaallah kegiatan ini akan bisa menjadi pelajaran bagi kita saat nanti akan menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya. Kesan saya tentang kegiatan ini juga menarik dan menambah wawasan serta pengalaman,” ungkap Ketua Kelas 9F tersebut saat ditemui usai kegiatan manasik haji. (Zul)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>