Home » Artikel » Asah Keterampilan Berbicara, Guru MTsN 1 Kota Malang Ikuti Pelatihan Public Speaking
Asah Keterampilan Berbicara, Guru MTsN 1 Kota Malang Ikuti Pelatihan Public Speaking

Asah Keterampilan Berbicara, Guru MTsN 1 Kota Malang Ikuti Pelatihan Public Speaking

Kota Malang (MTsN 1) – Keterampilan berbicara di depan publik adalah hal yang penting bagi seorang guru. Dengan keterampilan berbicara yang baik, materi yang disampaikan oleh guru akan lebih mudah dipahami oleh siswa.

Berkaitan dengan hal itulah, MTsN 1 Kota Malang mengadakan pelatihan public speaking untuk para guru, yang dilaksanakan pada Rabu (26/6). Kegiatan ini menggandeng lembaga Masterprima (Malang School Public Speaking) sebagai pematerinya.

Pelatihan yang menghadirkan M. Hasyim Ashari sebagai pemateri utama tersebut menyajikan 40% teori dan 60% praktik. Hal ini mengindikasikan bahwa usai pelatihan para peserta bukan hanya paham tentang teori, tetapi juga terampil dalam hal komunikasi publik.

Hasyim Ashari mengawali materinya dengan menjelaskan pengertian, tujuan, dan aturan dasarpublic speaking. Setelah itu, ia juga menyampaikan lima teknik pembukaan presentasi yang baik.

Usai penjelasan materi, para peserta pelatihan melakukan praktik pertama yaitu bloking panggung, cara berdiri, pandangan mata, cara memegang mic, dan mengucapkan salam. Berikutnya dilanjutkan untuk praktik kedua yaitu menyampaikan presentasi bebas dengan lama waktu minimal tiga menit dan maksimal lima menit.

Di sesi terakhir pelatihan disampaikan tentang cara membuat slide power point yang mudah dipahami dan menarik. Menurut Hasyim, power point yang baik dalam tiap slide-nya hanya berisi maksimal tiga poin dan juga perlu diberikan gambar atau ilustrasi agar lebih memudahkan pembaca untuk memahami materi yang di sampaikan dalam slide itu. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>