Home » Berita Terbaru » Pelepasan Siswa MTsN 1 Kota Malang, Meriah dan Penuh Kenangan
Pelepasan Siswa MTsN 1 Kota Malang, Meriah dan Penuh Kenangan

Pelepasan Siswa MTsN 1 Kota Malang, Meriah dan Penuh Kenangan

Kota Malang (MTsN 1) – Suasana meriah dan diselingi canda tawa para siswa tampak mulai pagi sekira pukul 06.00 WIB di Gedung Graha Cakrawala, Universitas Negeri Malang, Rabu (29/5). Ada acara yang sangat berkesan bagi 380 siswa kelas 9 MTsN 1 Kota Malang pada hari itu, yaitu pelaksanaan Pelepasan dan Gelar Siswa Berprestasi Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kegiatan pelepasan dan gelar prestasi ini diawali dengan sambutan-sambutan dan anugerah prestasi siswa yang meliputi peraih nilai 100 mata pelajaran USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional), UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional), dan UN (Ujian nasional); siswa peraih nilai tertinggi USBN, UAMBN, dan UN; siswa dengan hafalan Alquran terbaik dan terbanyak; serta siswa teladan.

Siswa peraih nilai tertinggi USBN adalahMaritza Gantari Makhrus, sedangkan siswa peraih nilai UAMBN tertinggi adalah Ulul Azmi dan Nabila Nafilia Dyanti, Di Ujian Nasional nilai tertinggi didapat oleh M. Arifzan Rizqullah Akbar dan M. Alarik Daviarsyah.Adapun untuk penghargaan siswa teladan berhasil diraih oleh Yusuf Muhammad Abdillah.

Acara yang dihadiri oleh jajaran pejabat dari Kanwil dan Kemenag Kota Malang hingga pengawas dan kepala madrasah di wilayah Malang ini terbagi dalam dua rangkaian acara, yaitu seremonial dan atraksi persembahan dari siswa kelas 9.

Usai acara seremonial selesai, sekira pukul 11.30 WIB acara langsung dilanjutkan dengan atraksi persembahan siswa kelas 9 berupa pemutaran video kenangan tiga tahun mereka di MTsN 1 Kota Malang, drama musikal, dan tari kolosal dalam beragam formasi.

Dalam kegiatan drama musikal dan tari kolosal tersebut, digambarkan kisah mereka selama menuntut ilmu di Matsanewa. Misalnya di tahun pertama saat harus beradaptasi di lingkungan dan teman baru, kemudian di tahun kedua saat mereka sudah bisa beradaptasi dan mengatasi berbagai permasalahan, serta di tahun ketiga ketika para siswa harus lebih giat belajar guna meraih hasil ujian yang memuaskan.

Semua tampilan dikemas dengan rapi dari satu rangkaian acara ke acara berikutnya dengan mengambil tema budaya betawi yang khas dengan pantun dan atraksi pencak silatnya. Para penonton juga tampak sangat terhibur oleh sajian yang menarik dan spektakuler ini.

Setelah atraksi persembahan siswa kelas 9 selesai, acara dilanjutkan dengan sujud syukur bersama sebagai ungkapan rasa syukur bahwa para siswa telah berhasil menempuh pendidikan selama tiga tahun di MTsN 1 Kota Malang. Setelah itu tampak para siswa dan guru saling bersalaman yang menandai akhir kegiatan Pelepasan dan Gelar Siswa berprestasi Tahun Pelajaran 2018/2019.

“Alhamdulillah setelah mendapat kabar itu (peraih UN tertinggi) saya sangat senang dan orang tua juga ikut bangga. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang selalu mensuport saya mulai kelas 7 sampai kelas 9. Saya juga berharap semoga angkatan 41 bisa sukses selalu,” ungkap M. Arifzan Rizqullah Akbar, siswa peraih nilai UN tertinggi.

Hal senada juga diungkapkan oleh M. Alarik Daviarsyah, siswa yang juga peraih UN tertinggi di MTsN 1 Kota Malang (tahun 2019 ada dua siswa MTsN 1 Kota Malang peraih UN tertinggi dengan nilai sama yaitu 393,5).

“Alhamdulillah, saya sangat senang, bangga, dan kaget (bisa meraih nilai UN tertinggi). Namun, ini adalah motivasi bagi saya untuk lebih giat belajar lagi,” tegas siswa kelas 9F tersebut.

Sedangkan siswa peraih nilai UAMBN tertinggi, Ulul Azmi mengungkapkan pentingnya kesungguhan dalam mengerjakan sesuatu agar meraih hasil yang maksimal.

“Hasil itu bergantung dengan usaha kita, kalau kita tidak sungguh-sungguh hasilnya juga tidak akan maksimal. Karena itu penting bagi kita punya mimpi dan keinginan serta bersungguh-sungguh untuk meraihnya,” ungkap siswa yang hobi bermain futsal tersebut. (Zul)

14 17 13 11 8

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>