Home » Berita Terbaru » Perdalam Agama di Pesantren Ramadan MTsN 1 Kota Malang
Perdalam Agama di Pesantren Ramadan MTsN 1 Kota Malang

Perdalam Agama di Pesantren Ramadan MTsN 1 Kota Malang

Kota Malang (MTsN 1) – Bulan Ramadan yang penuh berkah ini memang menjadi perhatian tersendiri bagi MTsN 1 Kota Malang guna memberikan pendidikan bagi para siswanya. Pendidikan ini menjadi penting agar para siswa bisa memahami hikmah di balik bulan Ramadan, menjalankan berbagai ibadah di bulan nansuci ini serta konsisten melanjutkannya di bulan-bulan selanjutnya.

Berkaitan dengan itu pula, madrasah tsanawiyah yang berada di Jalan Bandung Nomor 7 ini melaksanakan Pesantren Ramadan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan 8 pada Senin (20/5) sampai Selasa (21/5).

Kegiatan Pesantren Ramadan dibagi dalam dua waktu yang berbeda, yaitu pada hari pertama kegiatan berlangsung mulai pukul 07.00 sampai 12.30 WIB. Sedangkan di hari kedua kegiatan dilaksanakan pada pukul 13.30 sampai 20.00 WIB.

Di pelaksanaan hari kedua, kegiatan memang dimulai siang sampai malam hari. Hal ini dimaksudkan agar para siswa bisa mendapatkan pengalaman buka bersama dan salat Tarawih di madrasah serta mengikuti kegiatan keagamaan lainnya.

Di dalam kegiatan Pesantren Ramadan kali ini acara diisi oleh berbagai materi terkait dengan makna puasa Ramadan dan keutamaan ibadah di bulan Ramadan. Dalam penyampaian materi pihak madrasah juga menjalin kerjasama dengan para ustaz dari salah satu pondok pesantren di Bangil, Pasuruan.

“Kami berharap dengan adanya Pesantren Ramadan bisa memberikan kesan kuat pada siswa bahwa di madrasah ini juga diterapkan amalan utama di bulan Ramadan. Misalnya taklim dan qiyamul lail. Melalui kegiatan ini semoga anak-anak mempunyai pengalaman nyata tentang ibadah-ibadah di bulan Ramadan,” jelas M. Abdul Chafidz, Ketua Panitia Pesantren Ramadan.

Salah satu siswa peserta Pesantren Ramadan, Naela Najwadea Fyananda, mengungkapkan bahwa kegiatan yang ia ikuti sangat positif dan bermanfaat.

“Kegiatan Pesantren Ramadan tahun ini sangat positif dan bermanfaat, soalnya banyak pembahasan tentang materi puasa dan ibadah di bulan Ramadan. Jadi kita bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah Swt. saya juga berharap setelah mengikuti Pesantren Ramadan bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” ungkap siswa kelas 8C tersebut. (Zul)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>