Home » Berita Terbaru » Siswa MTsN 1 Kota Malang Raih Juara 1 Lomba KIR Tingkat Jawa Timur
Siswa MTsN 1 Kota Malang Raih Juara 1 Lomba KIR Tingkat Jawa Timur

Siswa MTsN 1 Kota Malang Raih Juara 1 Lomba KIR Tingkat Jawa Timur

Kota Malang (MTsN 1) – Siswa MTsN 1 Kota Malang, Ian Prayata Argyan Whiramukti dan Hilmiy Maulana Hibatullah, berhasil meraih juara 1 dalam lomba Karya Ilmiah Remaja Komnasdik (Komisi Nasional Pendidikan) Provinsi Jawa Timur.

Prestasi dan pengalaman berharga berhasil didapat oleh Ian dan Hilmiy usai mereka melakukan presentasi penelitian di Surabaya dan berhasil menjadi yang terbaik. Trofi juara 1 pun akhirnya diberikan langsung oleh Wagub Jawa Timur, Emil Dardak pada dua siswa Matsanewa tersebut.

“Dalam lomba ini kami awali dengan mengumpulkan proposal penelitian secara online. Kemudian dipilih 30 proposal terbaik untuk melakukan presentasi di Surabaya. Di sana kami mempresentasikan penelitian tentang prototipe alat pendeteksi gas dan temperatur udara. Alhamdulillah, akhirnya kami berhasil menjadi juara 1 dan kami berharap bisa meraih juara lagi di event-event yang lain,” jelas Ian Prayata Argyan saat dihubungi pada Sabtu (4/5).

Siswa kelas 7F tersebut juga bercerita, bahwa ia mendapatkan banyak pengalaman dari lomba itu. Beberapa diantaranya adalah kenal banyak teman dan tahu berbagai penelitian dari sekolah lain di Jawa Timur.

Di tempat terpisah, Pembina KIR MTsN 1 Kota Malang, Zahratul Mufidah, juga sangat bangga atas prestasi dari dua anak didiknya itu. Karena mereka langsung meraih juara 1 dalam lomba tingkat Jawa Timur, kendati salah satu siswanya masih duduk di kelas 7 MTs.

“Alhamdulillah, ini adalah pengalaman besar bagi mereka dan sebagai pemanasan menuju LKIR LIPI (Lomba Karya Ilmiah Remaja – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Semoga mereka bisa melanjutkan dan mengembangkan penelitian ini, bila perlu mereka juga bisa mengeksplorasi penelitian di bidang lainnya,” ungkap Mufidah. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>