Home » Berita Terbaru » Semarak Peringatan Isra Mikraj di MTsN 1 Kota Malang
Semarak Peringatan Isra Mikraj di MTsN 1 Kota Malang

Semarak Peringatan Isra Mikraj di MTsN 1 Kota Malang

Kota Malang (MTsN 1) – MTsN 1 Kota Malang adakan peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad Saw. Pada Sabtu (30/3), kegiatan tersebut dilaksanakan di Hall Matsanewa mulai pukul 09.30 s.d. 12.00 WIB.

Peringatan Isra Mikraj pada tahun ini mengambil tema “Menyingkap Tabir, Meraih Hikmah di Balik Peristiwa Isra dan Mikraj”. Acara dimulai dengan pembacaan selawat nabi, penampilan hadrah Al-Banjari, dan pembacaan ayat suci Alquran.

Selanjutnya adalah sambutan yang disampaikan oleh kepala MTsN 1 Kota Malang H. Samsudin. Dalam sambutannya Pak Sam berpesan pada siswa agar bisa mengikuti rangkaian kegiatan peringatan Isra Mikraj dengan baik dan diniatkan untuk belajar, mengaji, dan selawat seraya berharap Allah Swt. memberikan berkah kepada kita semua.

“Anak-anakku, prestasi demi prestasi madrasah telah kita raih, tercatat (sampai) hari ini ada 290 prestasi yang telah kita torehkan. Kita bersyukur pada Allah, tahun kemarin ada 191 kejuaraan yang telah kita peroleh, tahun ini sudah 290. Namun demikian anak-anak, kami berharap prestasi tetap dikembangkan dan kita tingkatkan. Anak-anak kelas 9 masih punya kesempatan untuk menambah prestasi. Tahun lalu 20 besar (peraih nilai UN tertinggi) di kota Malang, 10 diantaranya dari siswa MTsN 1 Kota malang. Ranking satu sampai tiga semuanya dari kita,” tegas Pak Sam.

Dalam kesempatan itu Pak Sam juga memotivasi siswa kelas 9 agar lebih giat dalam belajar dan mampu meraih prestasi terbaik di Ujian nasional tahun ini.

Setelah sambutan dari Kepala Madrasah, acara dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustaz Khoirudin. Dengan bahasa yang sederhana dan diselingi bahasa Jawa khas Malang, Ustaz Khoirudin menyampaikan tentang sejarah dan hikmah Isra Mikraj Nabi Muhammad saw.

Tak lupa, sang ustaz juga berpesan pada siswa agar selalu mengingat Allah dalam segala hal dan senantiasa berbakti kepada kedua orang tua. Karena rida Allah juga ada pada rida kedua orang tua.

Isra Mikraj adalah perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw. Dalam waktu satu malam. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam.

Pada peristiwa Isra Mikraj inilah Nabi Muhammad Saw. mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam. Beberapa penggambaran tentang kejadian ini dapat dilihat di surah ke-17 di Alquran, yaitu Surah Al-Isra. (Zul)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>